Mystery of Horror Figures

Lama juga ya aku ga posting blog lagi. Nah sekarang aku mau posting tentang suatu tema baru. Ini tentang sebuah misteri dari sebuah dongeng di masa2 kecilku. Mungkin dari sebagian dongeng ini memang benar adanya. Dongeng di masa kecilku yg membuat aku takut dan menjadi horror dengan makhluk2 ‘medeni’ di dalamnya. Oke kita masih di acara ‘masih dunia lain’, karena emang temanya tentang horror. Langsung saja, ini lah beberapa tokoh horror dalam dongeng yang pernah mewarnai masa kecilku, dan sampai kini masih menjadi misteri akan keberadaanya. NB buat pembaca di bawah usia mohon didampingi orang tua, waspadalah ada yg mengintai disekitar anda.

1. WEDON
Sosok misteri pertama, aku sebut Wedon. Sejenis makhluk halus yg konon berada di Klaten, tepatnya lagi di kampung rumah simbahku. Semasa kecil aku pernah diceritakan tentang penampakan makhluk ini. Berwujud tinggi, meleleh seperti lilin dan berwarna putih. Simbah buyutku adalah salah satu saksi yg pernah melihat makhluk halus yg sering menampakkan diri di dekat sungai dan di waktu menjelang fajar ini. Konon pula jika bertemu dengan makhluk ini, kamu harus meludah ke tanah, kalo nggak, pas kamu kena cairan dari Wedon, kamu bakal meleleh. Seram bukan?? Namun misteri tentang dongeng Wedon kian hilang, karna di daerah simbahku sudah banyak penerangan, maklum dulu jarang ada lampu. Tapi tentang keberadaan sesungguhnya, siapa yg tau..

2. HAUNGAN
Tokoh horror kedua, namanya Haungan, mungkin bias dimiripkan dengan manusia srigala jadi2an. Sosok ini beredar ketika aku kecil masih tinggal di kota kecil Jepara. Ibuku sering mendongengkan tentang Haungan ketika aku ga mau tidur. Sambil bernyayi ibuku bilang, “Hauuung.. Hauuung.. Sedeng entek.. sedeng turu.. hauung..”
Menurut penjelasan ibuku, ketika anak kecil tidak mau tidur di malam hari, maka si Haungan ini bakalan menculik anak2 tersebut. Bahkan Haungan bisa melewati lubang sekecil apapun dan menculik anak2 tersebut. Mungkin bisa dikatakan, ini dongeng supaya anak2 cepet tidur ya..haha. Tapi jujur, sewaktu kecil, aku cukup takut dengan sosok Haungan ini.

3. GUNDUL PRINGIS
Mahluk seram ketiga “Gundul Pringis”, dari namanya aja udah jelas, makhluk yg hanya berwujud kepala gundul dan berduri serta selalu meringis. Masa keclku aku sering dicritakan oleh bulikku tentang makhluk halus ini. Konon Gundul Pringis sering di jumpai di Batang, Jawa Tengah. Jenis makhluk yg sering mengganggu orang yg sedang sendirian ini bisa merubah wujudnya menjadi anak ayam, kelapa muda, maupun bola. So katanya, ketika ada seseorang sendirian kemudian melihat anak ayam di malam hari dan kemudian mengambilnya untuk di pelihara dirumah, anak ayam tersebut bisa berubah jadi Gundul Pringis yang menakutkan. Atau ketika manjadi bola, dan kita menendangnya, konon kaki kita bisa bengkak sejadi2nya.. Gimana cukup lucu kan, eh seram kan??

4. WEWE GOMBEL
Dulu kala, di Klaten kampung simbahku sering ada beberapa orang hilang secara misterius. Dan konon juga katanya, wewe gombel inilah pelaku nya. Sesosok makhluk halus perempuan yang sering menculik anak2 kecil pada umumnya, tapi orang dewasa juga pernah. Kemudian korban akan ditempatkan di pucuk pohon bambu paling atas. Serem ga tuh.. Dan pernah pula ada seorang yg lama hilang disana bertahun2, kemudian muncul kembali dengan linglung. Konon dia di bawa ke alam jin oleh makhluk2 sebangsa wewe gombel ini untuk sesaat waktu. Tapi siapa sangka sehari atau sejam di dunia jin, bisa berbulan2 bahkan bertahun2 di dunia kita.. Sungguh mengerikan kejadian itu.

5. MBAH DEMANG
Mbah demang, dari namanya saja sudah jelas kalo dia sudah tua. Yups, makhluk halus berwujud kakek2 ini juga hadir di kampung simbahku, lagi2 disitu. Mahluk misteri ini konon tinggal pada sebuah batu tua yg berada di jalan luar dekat kamar pojok simbahku. Tentu saja area pos makhluk ini berada di sekitar situ. Makhluk Mbah Demang ini dulu sering menampakan diri pada waktu2 tertentu, seperti di kamar pojok maupun di batu luar. Dan ketika kamu melihat mbah demang, kamu bakal terdiam untuk beberapa saat, meskipun kamu sudah teriak sekencang2nya, tetap ga ada yg mendengar suaramu. Mungkin itu salah satu jurus ampuh dari Mbah demang yang biasanya menampakan diri dengan membawa tongkat ini. Ada yg berani bertemu??

6. TUYUL
Makhluk kecil berjari tiga ini mungkin sudah cukup terkenal dan banyak orang yg sudah tau, maklum pernah maen film di tuyul dan mbak yul. Haha.. Okelah, tuyul namanya, makhluk yg hobi nyuri duit ini sering dijadikan pesugihan oleh orang2 yg tak beragama dan menempuh hidup praktis tanpa bekerja. Diwaktu aku masih kecil dulu, konon ketika ada orang yg mau bikin pesugihan, maka akan terjadi badai hujan di daerah itu, disertai hujan angin sehingga pohon2 pada tumbang. Namun sebenarnya makhluk ini bisa di ajak maen lho, dan karna dia maen2 makanya tuyul jadi lupa buat nyuri uang. Caranya cukup simpel, di depan rumah atau kamar yg ada uangnya, di kasih yuyu atau sejenis kepiting sungai gitu, maka si tuyul bakal bermain2 dengan hewan tersebut dan lupa akan tugasnya. Tapi sebenarnya orang yg memelihara tuyul untuk pesugihan sama dengan dosa besar coi, sama aja syirik tuh.. So itu haram hukumnya..

7. POCONGAN
Makhluk legenda dari Indonesia ini sudah akrab di dengar di telinga kita. Pocongan, sosok misterius yg berbalut kain kafan putih. Di masa kecilku, aku sering ditakut2i dengan pocongan ini yg konon muncul karena tali kafannya belum di lepas, sehingga dia bangkit dari kubur dan meminta pertolongan untuk melepaskan tali pocongnya, sambil berkata “Culi kang.. culi kang…”. Maksudnya “lepasin bang”, memohon orang2 untuk melepas tali pocongnya. Kata orang ketika ketemu pocongan juga sama harus meludah di tanah, tapi entah benar atau tidak tentang mitos itu. Dan kira2 kalian pada mau bantu pocongan ga kalo minta lepasin talinya, tapi mungkin udah pingsan duluan kali ya pas liat wajah pocong nya.

Oke guys, itu tadi 7 makhluk dalam dongeng masa kecilku yg cukup membuat takut anak2 pada masa itu. Sebenarnya masih banyak sosok2 lain yang ga aku jelasin, kayak misalnya Jenglot yg banyak ditemui dipinggir Kali Ciliwing, Ganaspati sosok kepala api, Genderuwo, Buto Ijo, dan banyak lagi. Tentang keberadaannya yg pasti aku ga tau kebenarannya, dan andalah yg berhak menilai tentang adanya. Believe it or not.. Dan mungkin makhluk2 tadi sering di jumpai di daerah pedesaan karna mungkin penerangan lampu masih sangat minim, ya salah satunya kampung simbahku yg dulu ga cukup terang, sehingga mitos2 itu sangat erat. Yasudahlah, its gonna be okay. Menurut mu mana yg paling seram??

Iklan

2 thoughts on “Mystery of Horror Figures

  1. mas buto ijo yg dlu sring d critain d jepara yg nginjk wc blakg rmah mpe hncur ko gk d critain…trus klo ktemu wedon kn hrus jln mundur biar dy ilng…wah lali msti kro dongenge simbah….satu lg yg blm,legenda kali kulon…kykny menarik…trus wewe yg ska nyuci jeroan ank kcil d kali etan….kn dgr critany breng…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s