Kalo Mau Pendadaran Itu…

Piye? Piye? Oiya seperti itulah kata spontan yg sering aku ucapkan, entah ketemu sama teman, lagi bingung, maupun nggigau, slalu saja kata piye yg terucap. Dan seperti itulah yg terucap juga ketika aku mau pendadaran beberapa waktu lalu. Ditambah bingung dan panik, makin menjadi2 aku tuk berkata piye. Ga peduli orang2 jadi bingung dg kata ambigu ku itu, tetep aja aku ucapin. Dan kni terulang kembali ketika teman2ku mau pendadaran awal minggu depan ini.. Tapi ini lain cerita, kata piye itu muncul bukan dari aku, tapi teman2 ku. Bisa jadi efek pendadaran juga ya.. Dan sebagai orang yg dulu pernah merasakan di dadar, dan juga pernah merasakan ‘mengeluarkan kata piye’ karna efek pendadaran, so aku mau share beberapa jawaban ketika pertanyan berawalan kata piye itu datang..

Gini2,mungkin buat kamu yg IQ nya kalah sama aku, haha, pasti bingung dg pembukaan tadi, jadi nya pada tanya piye, piye, dan piye.. Tapi yoweslah, inti dari semua ini yaitu aku mau kasih tips buat teman2ku sebelum kamu menuju kursi panas pendadaran, inilah beberapa tips tersebut. Oiya sebagai catatan inilah persiapan di 1 minggu menjelang di gojlok, eh di dadar.

# Yang pertama, pastikan materi skripsimu udah siap semua dan cek ulang lagi, baik itu laporan, presentasi, maupun program skripsimu.
# Catatlah beberapa teori penting maupun sesuatu yg penting lainnya, asal bukan nomor penting, biar memudahkanmu ketika nanti ada pertanyaan yg dilempar oleh penguji.
# Ketiga, siapkan juga buku2 teori skripsimu yg biasanya tebal2 buat pendadaran nanti, biasanya ditanyain ttg teori2 dari buku pegangan, tapi jarang2. Tapi bisa juga beralih fungsi buku2 tersebut, kayak misalnya buat ganjel proyektor, atau bahkan buat nglempar kepala pengujimu yg tanya aneh2, hehe, peace..
# Bersiaplah dg sesuatu yg sulit, karena segala sesuatu pas pendadaran bisa aja terjadi. Jadi berlatihlah memecahkan solusi dari pertanyaan penguji, latihan sama teman2mu tanya jawab, kalo perlu bikin gladi bersih pendadaran juga, biar mirip beneran.
# Berolah ragalah secara rutin, jangan anggap sepele, naik tangga sampai menuju ruang pendadaran juga cukup melelahkan, apalagi deg2 an sma penguji, so senam jantung juga boleh. Kalo kamu takut serangan jantung dg pertanyaan sulit dosen, jantungmu gausa dibawa aja 😀 Tapi sehari sebelum sidang jangan olah raga terlalu berat juga, nti malah kecapekan pas hari H.
# Latihan juga lah dengan presentasimu, atur waktu dan ulang2ilah, sampai kamu bisa menyajikan presentasi dengan waktu yg relatif singkat.
# Kata sambutan juga perlu dilatih ni, karena faktanya, grogi bisa menyebabkan kamu lupa sama nama dosen2 yg ada di depan kalian. Malah koyo pak RT wae ono sambutan.
# Belajar dan belajarlah, buka buku2 semester 1,2, segarkanlah ingatanmu, rajin2lah membaca, tapi tetap santai, jangan terlalu tegang nanti malah bisa bikin stres..
# Sebelum kamu belajar, aku saranin minum yg manis2, kayak susu manis, soalnya kata ibuku, sesuatu yg manis bisa meningkatkan memori kita lebih lama, penting itu. Tapi jangan minum susu, makan soto, tambah roti, malah jadi makan berat to, mau belajar jadi ngantuk. Kalo ga ada yg manis2, cukup pandangin wajahku yg manis aja, hehe.
# Saranku, banyak2 bersabar, banyak2 berbuatlah baik, bersyukur dan berdoa setiap waktu. Inilah minggu terakhirmu, akan banyak hal2 yg secara tidak sadar kamu di uji dg hal2 kecil. Bisa dari hal2 seperti, kamu bakal di datengin anak kecil, minta uang, minta bantuan, itulah ujiannya, tapi jangan harap itu dari reality show tim Tolong. Pokoke berbuat baiklah disetiap waktu.
# Karena ini minggu2 terakhirmu menjelang sidang, jauhi dulu yg namanya game, maen poker, maen2 sama temen, kalo yg sering nonton film porno, disimpan dulu CD nya, eh dibuang aja sekalian.haha..
# Pas pengumuman jadwal ditempel, catet baik2 jadwalnya dan pengujinya. Kenali watak dan karakter dari dosen pengujimu. Kalo dia mudah marah, ajak dia bercanda sedikit, atau kamu jadi badut sekalian aja. Tapi juga waspadalah, karena jadwal dosen juga bisa saja berganti, dan berdoalah semoga dosenmu ga berubah lagi.
# Istirahat lah secukupnya, apalagi malam sebelum sidang. Jangan minum kopi biar bisa tidur dg nyenyak. Set alarm juga pagi nya, jangan sampai telat bangun. Kalo perlu pasang alarm lebih dari 1, jam tangan, jam weker, jam air, jam pasir, arloji, kalkulator, dan barang2 elektronik lainnya, hayah..
# Jaga kesehatanmu juga sebelum pendadaran karena efek yg ditimbulkan dari pendadaran bisa mempengaruhi kesehatanmu juga, ini sangat musti di perhatikan.
# Sarapanlah sebelum pendadaran, gausah banyak2, satu sendok nasi saja cukup yg penting perutmu diisi. Jangan banyak2 juga, nanti ditengah2 sidang kamu keceret piye? Huss..
# Bawalah air mineral di dalam ruangan, dan sapu tangan, aku yakin di tengah presentasi, mulutmu bakal kering, trus kamu berucap tapi ga ada suaranya, trus ngelap dahi yg kringetan, dan gitulah.
# Beramal solehlah juga, menyantuni fakir miskin (malah kayak tips masuk surga aja ya dari pada tips pendadaran), maksutnya ya yg kecil2 aja kayak banyakin solat sunah, dhuha, trus tahajud juga jangan lupa, malam sebelum pendadaran juga gitu. Jangan lupa juga pamitan sama ortu sebelum berangkat, mohon doa restu karena surga terletak di bawah kaki ibu.
# Siapkan pulsa juga buat HP mu, ini penting juga. Habis pendadaran selesai kamu juga perlu kasih tau orang terdekatmu kalo pendadaran dah kelar. Ibu aku lolos, aku lolos menuju wisuda..
# Pipis dan boker juga lah sebelum sidang, wajib itu..
# Ini yg fatal, inget2 baik kampusmu juga, jangan salah masuk kampus, pendadaran emang bikin lupa segalanya. Ujian pendadaran di kampus UPN malah masuk kampus UGM, gimana coba..
# Jawab pertanyaan penguji dengan santai tapi pasti, cermati dan jawab dengan tanang. Sesuatu yg kamu kira menegangkan, nantinya bakal berjalan santai dan nyaman, di dalam pendadaran kamu malah di ajak bercanda, nonton srimulat, trus malah diajak makan bareng, wah pokoke malah di ajak seneng-seneng.
# Selamat berjuang dan sukses selalu buat pendadarannya, nikmati saja tiap detik selama pendadaran, karena ini jarang terjadi, 1 kali seumur hidup malah. Dan seusai pendadaran, kamu juga musti siapin uang yg banyak, traktiran buat temen2mu, haha.

Oke itu dia tadi beberapa persiapan yg harus kalian lakukan, baik persiapan mental, fisik, otak, spiritual, walahh.. Saya harap tips tadi bisa berguna, bermanfaat buat semuanya dan semoga ga repost, sukur2 kalo di kasi dawet, haha.. yowes ah malah ngaskus gini.. Buat para calon peserta pendadaran semoga berhasil dalam sidang besok Senin, sukses juga buat si Caem yg juga mau disidang, prikitieww..

NB: Pendadaran bisa menyebabkan gangguan tidur, mimpi buruk, susah buang air besar, bibir pecah2, jackpot, gejala tipes akut, dan penyakit ga jelas lainnya. Awas berbahaya, waspadalah..waspadalah..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s