Kita Gak Sukses-Sukses …

Gue emang uda akrab dg yg namanya nyanyi, uda jadi kebiasaan kali ya, mulai dari pas boker sambil teriak2 ga jelas, naek motor sambil teriak2 sampe mulut e kemasukan binatang yg terbang, bahkan di dalam mimpi pun nyanyi. Mulai dari music pop, rock, punk, aku hampir semua suka2 aja, bahkan lagu melayu jadul kayak Exist, UKS, aku juga sering nyanyi pas dlu waktu SD n SMP, campursari juga gitu, mpe uda biasa gara2 tiap pergi sama bonyok pake mobil lagunya camprsari mulu yg diputer.

Gw pernah ngfans sama Sherina pas jaman2nya film Petualangan Sherina booming dlu, aku jdi terinspirasi mnjadi seorang penyanyi gara2 itu. Top banget sih, film musikalnya itu. Selain itu aku juga bisa menirukan suara beberapa penyanyi sampe suaraku mirip banget kayak yg dikaset2, hehe..mulai dari Ariel, Duta Sheila on 7, Iwan Fals, keren kan? Kalo di Team Lo, mgkin aku dah bisa gantiin si Wawan yg punya keahlian yg sama.

Tapi dibalik itu semua, sebenere gw baru bisa maen gitar di awal kelas 1 SMA dlu, ngumpul bareng temen2 SD gw yg kbetulan ktemu di SMA lagi. Akhirnya aku belajar sdikit demi sdikit melalui ilmu2 mereka, si Gendox alias Wahyu, guru pertamaku yg ngajarin aku cara maen gitar yg baik dan benar, tapi aga ancur dikit. Lagu pertama yg gw bisa adalah Buat Aku Tersenyum, pas lagunya Sheila on 7 lagi hits2nya tu.

Berawal dari situlah aku mulai memperdalam ilmu2 ku, wuihh sangar.. akhirnya aku mencoba bebreapa kali ngeband di studio bersama teman2 SMA kala itu. Dengan lagu andalan Peterpan Mimpi yg Sempurna dan Blink 182 aku jadi makin tertarik dg hobi ini. Hingga akhirnya aku membentuk sebuah grup band, namun sayang, cerita dari band ini memang blm menggeliat, dan hilang pada akhirnya.
So inilah beberapa kisahku dg beberapa Band yg pernah trbentuk..

# TENGKLENG BAND

Sejarah:
Inilah Band pertamaku yg terbentuk secara mantap pada era kelas 3 SMA. Setelah sering latihan iseng2 pas kelas 2, akhirnya dikelas 3 memutuskan untuk menetapkan nama dan personil. Beranggotakan 5 orang, Aku vokalis, Sanjung gitar rythm, Sofyan Bassis, Baus gitar melodi, dan Gendox Wahyu sbg Drummer. Berawal dari sepulang menghadiri pensi di SMA ku, kita ber5 ngumpul di markas brimob, eh bukan maksud e rumahku. Kala itu mereka aku suguhi tontonan lawak Team Lo (pas blm terkenal), akhirnya mereka ketawa terpingkal2, entah kenapa akhirnya kami ber-5 memutuskan memberi nama band dengan nama TENGKLENG setelah nonton lawakan itu, karena kita terinspirasi dari lawakan TEAM LO yg terus2an membahas makanan Tengkleng dari Solo. Akhirnya muncul satu nama TENGKLENG BAND.

Karir:
Inilah Band pertamaku yg paling subur menciptakan lagu, uda banyak lagu yg dibuat sama anak2, baik bergenre pop maupun rock namun lebih banyak pop, uda hampir satu album dan mau rekaman, tapi sayang sekali, mimpi rekaman selalu batal dan batal lagi sampe akhirnya ga pernah rekaman secara resmi, pol2an rekaman pake tape recorder, tapi uda lumayan tuh. Dan selama karir Tengkleng yang hanya 1 tahun ini (paling lama), kita hanya mampu mengantongi proses touring sebanyak 1 kali, tragis itupaun pas acara 17an, itupun cuma nyanyi 2 lagu, itupun yg nonton bapak2, itupun2, alah, emang jarang sekali kami cari2 acara buat manggung, kalopun ikut seleksi kadang kalah bersaing dg band2 handal lainnya, so itulah kali pertama dan terakhir kami tampil.

Akhirnya:
Seiring waktu berlalu, dan kami berkuliah, nama TENGKLENG pun kini uda tinggal kenangan, karena emang rutinitas para personil uda jarang ktemu lagi, sangat disayangkan sekali. Tapi setidaknya jika kita berkumpul lagi pasti kita bakal ngejamm lagi. Lagu2 n teks rekaman yg tertunda kita masih aku simpan kok..haha..

# G.I.S.

Sejarah:
Pada masa peralihan SMA ke Kuliah, Gendox pun merasa bosan uda lama ga main, akhirnya kami mencoba mengunpulkan orang2 lagi dan terbentuklah band baru bergenre rock n punk, dengan nama G.I.S., berpersonil 4 orang dari SMA juga, Aku sbg Gitar n Vocal, Luki sbg Gitar Melodi, Ardi sbg Drummer, dan Gendox sebagai Bassis (ni anak multi talent, bisa bass, drum, gitar, keyboard, seruling, wah2). Di mulai ide dari Ardi yg sangat identik dengan namanya Musik Punk dia memilih nama G.I.S. yg merupakan singkatan dari Girl Is Suc*, maklum dia punya pengalaman yg ga enak sama cewek akhirnya pakailah nama itu, kita pun manut2 aja, karepmulah Di..

Karir:
Pada band ini, kami emang lebih sering memperdalam ilmu lewat dobel gitar buat nyerasikan music, ga begitu banyak juga latihannya, alhasil umur band ini juga ga lebih lama dg Tengkleng. Terhitung juga Cuma 1 kali tampil di paggung dalam acara reuni SMA, itupun juga agak mendadak. Akhirnya tak lama setelah itu formasi GIS berubah, aku memilih hengkang sejenak untuk memperdalam ilmu gitarku dlu, maklum aku baru tau kalo gitar maennya dipetik, selama ini aku maen gitar dg cara menggebuk, ah ya nggaklah.. Dan dengan formasi yang berbeda pula yaitu 1 vokal baru. Tapi kami juga pernah mencoba kolaborasi bareng setelah aku hengkang, ya iseng2 maen2 lagi, dengan formasi 5 personil, bertambah Septian sebagai vocal crow yang terkenal dg teriakan ketakutan sampe urat saraf lehernya mau keluar, tapi emang kala itu kita cuma maen2 aja, so ga berlanjut lagi pada band ini.

Akhirnya:
Selepas aku hengkang, Ardi pun mengganti nama dari G.I.S. menjadi G.I.S. (Get Its Selfish), namun lagi2 emang ga lanjut lagi cerita tentang G.I.S. ini, dan bubar. Terakhir terdengar Ardi buat band bari bernama Pot Belly, meskipun akhirnya kini Ardi uda bener2 berhenti dari dunia Drum n ngendandnya dan lebih memilih bisnis rental PS nya, man eman di, koe punya bakat kok.. Bakat ngangkutin drum maksud e..

# De Thinko at 20

Sejarah:
Terbentuk dikala kuliah smester 6, 7 gitu. Bosen uda lama ga maen band lagi, akhirya Gendox mengajakku buat band baru lagi (Buset ni orang hobinya bikin band terus. Tapi lagi2 aku juga menerimanya, haha). Sebuah konsep baru terbuat, dan kami pun menggaet Wawan, temen SMA ku (mantan Dokter Klinik Band). Terinspirasi dengan Blink 182 yg mulai menghilang, akhirnya kami pun memulainya, berpersonil 3 orang Aku vocal dan gitar, Gendox vocal dan bass, dan Wawan sebagai drummer. Bner2 seperti Blink 182 tapi ala cah Jowo. Berawal dari 3 orang yg sedang berkumpul drumahku, dan kami memilih nama De Thinko at 20 karena diambil disaat kita berumur 20 tahun trus kepikiran (Think=mikir, mbuh bener po ora) buat bikin band lagi, akhirnya biar namanya agak keren kami pun mereko-reko (mengubah sedikit format nama) menjadi De Thinko at 20.
Namun seiring latihan demi latihan ada beberapa kendala dg personil kami, hinggak akhirnya kami mengganti personil. Wawan pun diganti dg Saindra temen kuliahku. Sebenarnya band ketiga ini adalah band yang sering berganti personil, akhirnya format band ini berubah lagi, karena Saindra padat pada jadwalnya. Setelah berpikir keras akhirnya muncul ide dengan format baru yaitu Aku gitaris, Gendox basis, Puteri vokalis, dan Antok drummer (Pinjem dari Yayat Band). 2 pemain baru yaitu Antok dan Puteri temen kuliahku juga.

Karir:
Dengan formasi baru 4-4-2 ini, eh 4 orang ini, kami sempat melambung di era awal 2009. Memilih jalur music yg beda pula, ala Paramore, karena vocalnya cewek, kami pun sempat mengguncang Jogja melalui gempa 6,7 skala richter, bukan maksutnya kami sempat main di acara kampus. Antusiasnya pun lumayan, dengan mengerahkan temen2 satu angkatan. De Thinko at 20 pun sering latihan distudio, minimal 1 minggu sekali, tentunya dengan beberapa inovasi music, tapi juga ujung2nya maenin Paramore lagi. Namun karena singkatnya waktu, kami jarang lagi mencari audisi seleksi band untuk acara2 penting dan akhirnya itulah kali pertama kami manggung dan mgkin terakhir kali.

Akhirnya:
Tapi entah kenapa tiap kali habis manggung, dari band pertama sampai band terakhir ini, semangatnya mulai menghilang. Dan seiring dengan kesibukan dari masing2 personil ini, mengingat sudah semester akhir dan harus menyelesaikan skripsi (Aku), sedangkan Gendox juga harus kuliah lagi (S2 ya?) bukan dia uda keseringan bolos, makanya dia sekarang niat kuliah), dan kesibukan personil lainnya. akhirnya nasib band ini juga mengambang, atau mungkin udah bubar. Karena emang udah jarang ngumpul n ketemu lagi ditambah usia band yag emang belum lama, akhirnya De Thinko at 20 non aktif lagi. Pada akhirnya kok selalu begini..

>> Tambahan >>

# Genius Voice

Sejarah:
Oiya sekedar tambahan aja ni, pada masa terbantuknya Tengkleng Band, aku pun sempat bergabung juga dengan Genius Voice, jadi aku menyambi 2 job band. Tapi tunggu ini bukan band, GV (Genius Voice) adalah grup vokal nasyid.. Berpersonil 7 orang, Aku suara 2, Yadi vokal utama, Sanjung suara perkusi, Wawan suara perkusi utama, Zainal suara bariton, Girat suara 1, dan Gendox (lagi2) suara setan , eh maksudnya suara bass. Mulanya aku bukan anggota grup ini, tapi karena ajakan dari si Girat dan anak lainnya, aku pun terpaksa utk bergabung membantu mereka, karena ada acara mepet. Akhirnya anak2 muda yg tobat ini pun menyanyikan lagu2 nasyid acapella, terinspirasi dari grup Justice Voice, maka si Zainal memberi nama Genius Voice, karena suara kami emang jenius sekali, wuidihh..

Karir:
Selama karir grup ini, emang tercatat grup yg paling subur tour ke acara2, baik dari sekolahan, acara agama bahkan sampai ke kampung2 sbg bintang tamu, wuih keren. Bahkan selama SMA, guru2 pun uda pada hafal dg grup ini, bahkan ada guru yg ngefans dan berpoto ria, astagfirullah, gurunya mungkin matanya uda kabur kali ya.. Kok ya mau poto2 sama kita, ckckck..

Akhirnya:
Seiring dg berpisahnya orang2 GV karena uda lulus SMA, aku pun memilih utk hengkang juga karena aku kurang tertantang (gayamu le), dan akhirnya pergantian personil pun dilakukan berkali2 sampai pada akhirnya grup ini mulai non aktif juga. Sebenarnya sangat disayangkan, mengingat grup nasyid ternyata cukup diminati di kalangan Remaja muslim jogja, tapi apa mau di kata. Ternyata dari sekian band itu malah yg keliatan sukses ya yang grup nasyid ini, wah2 emang kalo pada tobat malah jadi laku keras ya, prikitiuww..

Yups itulah kisah petualang ttg band2 ku yg pernah terbentuk, kinipun ada beberapa tawaran lagi, si Gendox lagi2 mengajakku bikin band (hobi banget tu anak ya), tapi blm sempet buat band lagi, gatau tu anak malah gada kabarnya lagi. Oke mungkin kesuksesan kita emang blm didapat sepenuhnya, dan perlu perjuangan yg lbih lagi. Meskipun bgtu, aku juga sepet iseng2 maen band dg tman2 dengan nama2 yg aneh (Tambal Band, Toilet band, Ayamuts band, dll), tapi lagi2 juga cuma sebatas iseng aja dan blm ada komitmen utk bikin band resmi lagi meskipun mimpi2 ku juga selalu terbayang utk mnjadi vocalist menggantikan Joshua Suherman, eh bukan, ya pokoke vocalist yg super keren.

NB:
Wah sepertinya perlu membuat band sampai yang ke 13 kali biar bisa sukses.. mau??

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s