Prepare Everything From Now

Gutten morgen semuanya.. Ketemu lagi dengan saya di kesempatan pagi hari ini..
Pemirsa.. Pepepe.. mimimir.. sasasaa.. (Hiyaaa.. Hiyaaa..) Lho2, kok malah jadi tukul gini..

Baiklah pemirsa sekalian, ternyata dunia baru yg akan saya masuki ini memang duia yg cukup berat dan melelahakan, dunia yg saya maksud adalah ‘dunia kerja’. Akhirnya setelah semua administrasi dan tetek bengek utk ngurus ijasah kelar, kini saatnya untuk melamar n mencari kerja.. Namun apa yg terjadi sebenarnya tidak seperti yg di bayangkan.. Buktinya kemarin adalah hari pertamaku untuk mencoba bersaing dg satu juga pengangguran lainnya, dan ternyata kehidupan seorang pengangguran adalah seperti ini. Kita musti bersaing supaya kita bisa ngalahain saingan2 kita semua dg kerja keras kita.

Tapi sepertinya pada job fair pertama ku kemarin, aku blm beruntung dan perlu persiapan yang lebih. Apalagi setelah job fair selesai aku ada seleksi test pada perusahaan lagi.. so lengkap sudah penderitaanku, capek ke job fair, jadi lelah pas test nya. Tapi tenang aja, aku mau berbagi sedikit tips buat kalian yang sedang ingin cari kerja, apa aja yg harus kamu lakukan ketika pagi kamu harus muter2 ke tiap stand dan siangnya bakal ada test perusahaan (terutama psicotest), inilah dia..

# Malam sebelumnya
Inilah persiapan malam sebelumnya, kalo kamu mau JFnPT (Job Fair n PsicoTest) tidurlah dg cukup, jangan begadang, inget kata Bang Rhoma, trus belajar juga ttg materi test mu biar kamu siap, jangan malah maen pada malamnya apalagi nonton di Studio XXI (haha).

# Paginya
>> Jangan lupa mandi, yaiyalah kalo ga mandi yo semua orang yg ikutan JFnPT bakal semaput.
>> Berdoa sebelum lo berangkat semoga dapet n ketrima kerja, lancar ngerjain testnya, jangan malah berdoa semoga dipertemukan jodoh di JFnPT.
>> Sarapan lah sebelum kamu brangkat, karena energimu bakal terkuras habis. So biar konsentrasi mu tetap terjaga.
>> Cek semua barang2 buat test, jangan ada yg ketinggalan. Cek juga surat2 mu, surat lamaran dan tetek bengek lainnya yg dperlukan buat daftar. Dan jangan lupa bawa sapu tangan buat ngelap kringet..
>> Nah yg ini pastinya kamu harus lakukan, jangan lupa buat boker sebelum berangkat. Fakta membuktikan hal ini sangat berpengaruh dengan nasibmu saat ikut JFnPT nanti, bawa batu kerikil kalo perlu buat jaga2 kebelet disana.
>> Juga jangan lupa bawa receh yg banyak, karena nanti disana juga bakal banyak pengemis yg minta2.. (kalo yg ini kayaknya ga dimasukin tips jg gapapa).

# Sesaat pas mau beangkat
>> Jangan lupa minta doa restu sama orang tuamu, ini sangat di anjurkan dan wajib ain.. Jangan cuma minta doa ribu tapi ga minta doa restu.
>> Bawalah bekal secukupnya (saran anak TK), gausah banyak2, roti n air mineral cukup. Karena kamu bakal kelaparan n haus kalo kamu ngelakuin JFnPT secara bersama2. Bayangin aja, kamu disana bakal kepanasan, trus kamu akan melihat lantai bagaikan ada airnya padahal cuma fatamorgana.
>> Capcus menutu lokasi dan hati2 dijalan..

# Pas Jobfairnya
>> Carilah perusahaan yg sesuai dg kemampuan n minat kamu, jangan cuma liat ada perusahhan yg ramai, trus kamu ikutan daftar, eh ternyata uda antri lama2 ternyata jurusan mu ga ada.. Tapi gapapa juga sih kalo emang bener2 minat n mantap, jabani aja bang..
>> Baca n pahami baik2 tentang informasi dari tiap2 perusahaan yg ada, baca sedetil-detilnya, sampai kode pos perusahaan, juga alamat pembuat brosurnya..(aahh, ini mah ga penting).

# Pas Tes Psicopatnya, eh Psicotest
>> Habis nonton Jobfairnya, kamu pasti capek banget, aku saranin buat istirahat bentar di mushola sambil ngibadah dan berdoa lagi.
>> Lap semua kringet yg keluar pas Jobfairan tadi, basuh dengan air, kalo perlu kamu mandi sekalian, biar seger, mantep kan??
>> Siapkan diri dan konsentrasi, karena kamu bakal di uji hidup dan mati selama kurang lebih 4 jam, modar ora koe.. Cari posisi duduk yg paling enak kalo ga kaki mu bakal keram, lehermu tegang, tanganmu cekot2, wah ngerii..
>> Buat kalian yg punya penyakit ambeyen, gue saranin sebaiknya kamu bawa bantal yg nyaman buat landasan duduk. Secara, leher mu tegang, tanganmu tegang, kaki juga tegang, anumu juga tegang, eh maksudnya pikiran n matamu tegang. Trus di tambah soal2 yg menegangkan juga, bisa2 penyakitmu bakal menjadi2. Waspadalah waspadalah..
>> Konsentrasi dan konsentrasi selama test, tetap fokus walopun laler mencok dihidungmu.. Cermati perintah soal dan bapak yang jaga soal..

# Pas semuanya uda selesai..
>> Inilah saat2 yang paling ditunggu sekaligus yg paling bikin uring2an. Pasti kamu bakal spaneng setelah selama 4 jam dijejeli soal2.. Tapi inilah saatnya memanjakan diri, stelah ikutan JFnPT inilah saatnya pijet. Jadi kalo uda kelar semua, pergilah ke tukang pijet, manjakan badanmu yg lelah dan pikiranmu setelah seharian jadi kuli dan mandi kringat.. Pasti badanmu bakal fresh kembali..

Dan inilah akhir dari cerita ini, gimana gan? Keren2 ga tuh idenya? Semoga bisa jadi referensi n masukan aja ya buat para pencari kerja di Indonesia, semoga ga repost, minta cendol sama dawetnya ya, jangan dikasih bata apa lagi semen, emang mau jadi kuli bangunan, wahaha.. Kok malah jadi kuskas ya..

Yowelah itu aja ya perjumpaan kita hari ini, mohon antusiasnya buat meng-klik dibwah ini, centang ya.. menarik, lucu, ato marai emosi tapi keren.. nuwun..

NB:
Sekedar tambahan lagi, aku saranin kalo Job fair n test dihari yg bebarengan, mending kamu korbanin salah satu, karena jika kau ikut job fair trus test, pasti capek banget, ga konsen, buyar semua.. Simpan tenagamu bung. Yowes, turu ahh, lelahh..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s